Blog Berbagi Cara Dan Tips Wirausaha

9 Sikap Dan Perilaku Pengusaha

Sikap Dan Perilaku Yang Harus Dijalankan Oleh Pengusaha Dan Seluruh Karyawan

Sikap Dan Perilaku Wirausaha Yang Selalu Ingin Dicapai Oleh Pengusaha Dan Seluruh Karyawan

    Sikap dan perilaku pengusaha dan seluruh karyawannya merupakan bagian penting dalam etika wirausaha. Oleh karena itu, dalam praktiknya sikap dan perilaku yang harus ditunjukkan oleh pengusaha dan seluruh karyawan, terutama karyawan cs (costomer service), sales, teller dan satpam harus sesuai dengan etika yang berlaku. Sikap dan tingkah laku menunjukan kepribadian karyawan suatu perusahaan. Sikap dan perilaku ini harus diberikan sama mutunya kepada seluruh pelanggan tanpa pandang bulu.
    Berikut ini beberapa sikap dan perilaku yang harus dijalankan oleh pengusaha dan seluruh karyawan adalah sebagai berikut:

1. Jujur dalam bertindak dan bersikap

    Sikap jujur merupakan modal utama seseorang karyawan dalam melayani pelanggan. Kejujuran dalam bersikap, berbicara maupun bertindak. Kejujuran inilah yang akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan atas layanan yang diberikan.

2. Rajin, tepat waktu dan tidak pemalas

    Seseorang karyawan dituntut untuk rajin dan tepat waktu dalam bekerja terutama dalam melayani pelanggan. Disamping itu, karyawan juga dituntut untuk cetakan, terampil, pantang menyerah, selalu ingin tahu, dan tidak mudah putuh asa. Hal yang paling penting adalah hilangkan rasa malas dari diri sendiri dan seluruh karyawan.

3. Selalu murah senyum

    Dalam menghadapi pelanggan atau konsumen, seseorang karyawan harus selalu murah senyum, jangan sesekali bersikap murung atau cemberut. Dengan senyuman kita mampu meruntuhkan hati pelanggan untuk menyukai produk atau perusahaan kita bahkan membuat pelanggan tersebut membeli produk tersebut. Pelanggan biasanya akan tersanjung dengan senyum.

4. Lembah lembut, ramah tamah 

    Dalam bersikap dan berbicara pada saat melayani pelanggan atau konsumen hendaknya dengan suara yang lemah lembut, ramah tamah. Sikap seperti ini dapat menarik perhatian pelanggan, minat konsumen serta membuat pelanggan nyaman dengan bisnis yang kita jalani dan kemungkinan besar mereka akan kembali lagi lain waktu.

5. Sopan santun dan hormat

    Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan hendaknya pengusaha dan seluruh karyawan selalu bersikap sopan santun dan hormat kepada pelanggan. Dengan demikian pelanggan juga akan menghormati pelayanan yang diberikan karyawan tersebut.

6. Selalu ceria dan pandai dalam bergaul

    Sikap selalu ceria yang ditunjukkan karyawan dapat memecahkan kekakuan yang ada dengan konsumen dan pelanggan. Sementara itu, sikap pandai bergaul juga akan menyebabkan pelanggan merasa cepat untuk akrab dan merasa seperti teman lama sehingga segala sesuatu berjalan dengan lancar serta mencapai tujuan.

7. Fleksibel dan suka membantu pelanggan atau konsumen

    Trik menghadapi pelanggan, karyawan harus dapat memberikan pengertian dan mau mengalah kepada pelanggan. Karena segala sesuatu dapat diselesaikan dan selalu ada jalan keluarnya dengan cara yang fleksibel. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan asalkan mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku. Karyawan juga diharapkan suka menolong pelanggan yang mengalami kesulitan sampai menemui jalan keluarnya.

8. Serius dan memiliki rasa tanggung jawab

    Dalam melayani pelanggan karyawan harus serius dan bersungguh-sungguh. Karyawan harus sabar dan tabah dalam menghadapi pelanggan yang sulit berkomunikasi atau suka ngeyel. Selain serius, karyawan juga harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya sampai pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

9. Rasa memiliki perusahaan yang tinggi

    Seluruh karyawan harus mempunyai rasa memiliki yang tinggi di tempat mereka bekerja sebagai milik mereka sendiri. Rasa memiliki yang tinggi akan memotivasi karyawan untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Disamping itu, karyawan juga harus memiliki jiwa pengabdian, royal, dan setia terhadap tempat mereka bekerja.