√ 5 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha - Toko Pakaian Angga Bekasi

5 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Faktor Kegagalan Usaha, Penyebab Kegagalan Usaha

Apa Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Suatu Usaha?

    Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua bisnis atau usaha berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana meskipun sudah dilakukan jauh-jauh hari secara matang dan cermat, setiap usaha atau bisnis tidak dijamin 100% (seratus persen) akan berhasil mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalani terkadang usaha yang dijalani juga dapat mengalami kerugian. Oleh karena itu, Kamu harus siap dengan segala resiko yang diterima setidaknya meminimalisir terjadinya kerugian. Ada banyak hal-hal yang menyebabkan usaha tersebut mengalami kegagalan. Kegagalan dapat terjadi karena faktor kesalahan manusia itu sendiri yang salah melakukan perhitungan. Pada akhirnya kegagalan inilah yang akan menyebabkan kerugian. Secara umum beberapa faktor-faktor penyebab kegagalan usaha terhadap hasil yang dicapai meskipun telah dilakukan studi kelayakan usaha, studi kelayakan bisnis dan perhitungan secara benar dan sempurna sebagai berikut:

1. Data dan informasi yang didapat tidak lengkap

    Pada saat melakukan perencanaan berbasis data, informasi yang disajikan kurang lengkap sehingga hal-hal yang seharusnya menjadi penilaian tidak ada. Oleh karena itu, sebelum usaha kamu dijalankan, sebaiknya kumpulkan data dan informasi selengkap mungkin, melalui berbagi sumber yang dapat dipercaya kebenaran datanya sehingga data tersebut dapat dianalisis dengan teknik analisis data.

2. Salah perhitungan

    Kegagalan dapat pula terjadi karena salah dalam melakukan perhitungan. Misalnya rumus atau cara menghitung yang digunakan salah sehingga hasil yang dikeluarkan tidak akurat. Hal ini juga dapat dipengaruhi program pengolah angka yang tidak memberikan hasil yang akurat. Dalam hal ini perlu pertimbangan untuk pemilihan aplikasi pengolahan angka yang akurat dan menyediakan tenaga ahli yang dapat diandalkan di bidangnya masing-masing.

3. Pelaksanaan prosedur pekerjaan yang salah tidak sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur)

    Para pelaksana usaha di lapangan diibaratkan sebagai tombak kemajuan atau kemunduran usaha dan juga sangat berperan penting dalam keberhasilan menjalankan usaha tersebut. Jika para pelaksana di lapangan tidak menjalankan usaha secara benar sesuai dengan prosedur operasi standar, tidak sesuai dengan panduan atau pedoman yang telah ditetapkan sebelumnya. Kemungkinan besar usaha tersebut mengalami kegagalan.

4. Kondisi lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian

    Kegagalan lainnya dapat disebabkan oleh adanya unsur-unsur yang tidak dapat kita kendalikan. Misalnya pada saat melakukan penelitian dan pengukuran semuanya sudah berjalan sesuai dengan perencanaan yang tepat dan benar, namun dalam perjalanan terjadi perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan tersebut misalnya perubahan sosial, perubahan politik, perubahan hukum, perubahan ekonomi, perubahan perilaku masyarakat, krisis ekonomi yang melanda suatu negara atau karena bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, tsunami, kekeringan, angin topan dan tanah longsor.

5. Unsur kesengajaan dari pekerja

    Kegagalan yang paling fatal karena disebabkan oleh adanya faktor kesengajaan untuk berbuat kesalahan. Artinya pekerja sengaja membuat kesalahan yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dengan berbagai sebab.