Blog Berbagi Cara Dan Tips Wirausaha

4 Langkah Identifikasi Pesaing

Langkah Identifikasi Pesaing, Identifikasi Pesaing

Analisis Pesaing Guna Mengetahui Kondisi Pesaing

    Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang berwirausaha karena tergiur untung yang besar, sering kali pesaing kita menjadi hambatan untuk mencapai keuntungan. Karena dengan kita menganalisis langkah-langkah pesaing, kita dapat mengetahui jumlah dan jenis pesaing serta kekuatan dan kelemahan yang mereka miliki, perusahaan perlu membuat peta persaingan yang lengkap. Pembuatan peta pesaing yang digunakan untuk melakukan analisis pesaing yang memerlukan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar analisis pesaing tepat sasaran dan tidak salah arah. Langkah-langkah yang pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah dengan identifikasi seluruh pesaing yang ada. Langkah ini perlu dilakukan agar kita mengetahui secara utuh untuk kondisi pesaing kita. Dengan demikian, memudahkan kita untuk menetapkan langkah selanjutnya. Dalam hal ini langkah-langkah menganalisis pesaing meliputi hal-hal berikut.

1. Jenis produk yang ditawarkan

    Terkandang sebuah perusahaan tertentu memiliki produk yang beragam. Tugas perusahaan adalah menganalisis secara tepat, lengkap dan benar produk yang dimiliki oleh pesaing-pesaingnya. Menganalisis siapa pesaing utama yang terdekat serta pesaing lainnya yang juga berpotensi mengancam perusahaan kita sekarang dan di masa depan.

2. Melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing

    Dengan kita melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing dapat dilakukan melalui segmen pasar yang akan dimasuki. Dalam hal ini kita harus mengestimasi besarnya pasar dan market share masing-masing pesaing. Market share yang harus diketahui adalah untuk masa sekarang dan di masa depan, baik yang dikuasai pesaing maupun secara keseluruhan.

3. Identifikasi peluang dan ancaman

    Untuk mengestimasi besarnya market share, akan kelihatan peluang yang ada serta ancaman yang mungkin timbul sekarang dan di masa depan. Setiap peluang harus segera terealisasikan dan diusahakan untuk menciptakan peluang-peluang baru yang sebesar-besarnya. Kemungkinan ancaman atau masalah yang timbul pun harus segera diantisipasi sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

4. Identifikasi keunggulan dan kelemahan Pesaing

    Dalam mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan berarti memetakan atau mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing. Menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing dalam berbagai bidang. Misalnya dalam kelengkapan barang, mutu kemasan, harga, distribusi lokasi serta promosi.